Ngerinya Jadi Pendaki Ini, Bikin Video Saat Berada Tak Jauh dari Letusan Merapi Tadi Pagi!

Diposting pada

Kejadian pagi tadi di Merapi. Salut buat para pendaki yang tetap tenang dan nggak panik ketika terjadi letusan freatik di Merapi. Sempet rekam video lagi. Goks!

Posted by Septyan Bayu Anggara on Thursday, 10 May 2018

Di video yang beredar di grup WA tersebut, ada beberapa pendaki yang terlihat seperti biasa saja ketika letusan itu terjadi. Mereka masih memasak buat sarapan dan sembari mengobrol. Namun ketika abu telah membumbung tinggi ke langit, mereka segera lari untuk menyelamatkan diri. Sungguh pendakian yang mengerikan dan tentu tak akan pernah mereka lupakan. Jumlah pendaki yang tercatat di pos pendakian selama tanggal 9-11 Mei ada 120-an pendaki. Sekitar 50 pendaki dekat dengan puncak. Info terbaru dari penggiat alam Resopala, beberapa pendaki banyak yang pingsan karena menghirup asap belerang. Sebagian sudah sampai di bawah, namun masih ada juga yang berada di Pasar Bubrah. Semoga mereka selamat sampai bawah ya.

Gunung Merapi kali ini sedang batuk-batuk ringan. Masih jauh sekali dari besarnya letusan di tahun 2010 silam. Mudah-mudahan energi Merapi bisa berkurang sedikit demi sedikit dengan letusan kecil seperti ini agar tidak terjadi akumulasi letusan yang jauh lebih besar. Merapi rutin meletus 4 tahun sekali, dan sudah 8 tahun dia tertidur nyenyak. Ketakutan terbesar warga Jogja adalah, saking lamanya Merapi tertidur, akumulasi letusannya bisa sangat besar di kemudian hari. Ya, semoga itu tidak terjadi ya.

Advertisement

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *