5 Fakta Soal Tumpahan Minyak di Balikpapan. Parah Banget, Sampai Keliatan dari Satelit

Diposting pada

Dampaknya jangan ditanya, minyak itu sudah mencemari ribuan hektar laut dan bahkan meracuni ikan pesut

Ikan pesut yang mati diduga karena keracunan minyak via www.bbc.com

Advertisement

Akibat patahnya pipa berdiameter 20 inci dengan ketebalan 12 milimeter yang menyalurkan minyak mentah ini, laut di sekitar lokasi jadi tercemar. Kabarnya pencemaran ini sampai meracuni ikan pesut karena minyak sudah tersebar sampai ke 13.000 hektar luas permukaan laut.

Tapi salut deh sama warga di sekitar sana, yang beramai-ramai membersihkan laut dari cemaran minyak pakai ember dan gayung!

Beramai-ramai membersihkan teluk yang tercemar via www.jawapos.com

Satu hal yang bikin salut adalah kekompakkan warga dan polisi dalam membersihkan sebaran minyak di sepanjang bibir pantai. Mereka berbondong-bondong memindahkan minyak dari laut ke ember dan tong besar. Meski mungkin tidak bisa membersihkan sepenuhnya, tapi aksi ini paling tidak bisa mengurangi minyak lebih banyak tersebar.

Masalah ini sebenarnya adalah buntut dari kelalaian pihak-pihak yang seharusnya bertanggungjawab terhadap keberlangsungan ekosistem bawah laut. Kalau sudah tercemar gini rada susah juga kan mengembalikan seperti semula. Bisa jadi di bawah laut sana udah banyak spesies yang teracuni minyak yang tumpah. Ya, semoga aja ke depannya bisa lebih berhati-hati lagi deh…

Advertisement

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *