Menurut Penelitian, Ini 6+ Tanda Anak Berpotensi Jadi Psikopat. Sebaiknya Dideteksi dari Dini

Diposting pada

5. Tanpa rasa empati, jangan juga berharap ia akan punya perasaan sensitif. Nggak peduli gimanapun sedihnya keadaan di sekitarnya, ia nggak akan punya belas kasihan

Nggak peduli dengan sekitar via acculturated.com

Sekeras apapun anak, selama nggak punya kecenderungan psikopat, dia akan memiliki perasaan sensitif. Entah ikut menangis ketika tahu ada adegan sedih, merasa takut kalau ada bahaya, dan lain-lain. Perasaan insensitif inilah yang turut mendorong ia bisa melakukan hal-hal di luar nalar, kayak menyiksa, merusak, atau berontak. Tapi ini juga bisa banget dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya sih, terutama keluarga sebagai lingkungan terdekat. Kalau  dia dibesarkan di tengah keluarga keras, ya selamanya dia akan menganggap langkah tersebut sah-sah saja dilakukan.

6. Tanda-tanda di atas juga bisa mendukung perlakuan bullying atau perundungan yang sering dilampiaskan ke teman-teman di lingkungannya

Perundungan atau bullying via aceofgeeks.net

Sikap temperamen, minim rasa empati dan sensitif, jelas bakal memengaruhi anak dalam berinteraksi dengan lingkungan, termasuk teman-temannya. Perundungan adalah salah satu perlakuan buruk yang bisa dilakukan anak-anak dengan sikap seperti di atas. Alasannya beragam, seperti mencari perhatian, pengakuan, ingin terlihat seperti ortu mereka yang juga sering bertindak keras, dan lainnya. Sehingga dengan melihat orang lain tertindas, akan memunculkan kepuasan tersendiri.

7. Terakhir, anak dengan tanda psikopat akan cenderung melawan aturan. Justru dengan begitu mereka bisa puas

Melawan aturan via www.istockphoto.com

Iya, mereka akan merasa melakukan hal-hal tercela itu biasa aja, misalnya mencuri. Mereka justru senang ketika adrenalinnya terpacu. Terutama saat berkejaran dengan waktu agar nggak ketahuan saat mencuri. Mereka akan terus mengulangi tanpa ada rasa bersalah.

Meski tanda-tanda di atas terpampang nyata, nggak seharusnya kita serta merta menghakimi seorang anak sebagai psikopat. Karena biar gimanapun psikopat itu adalah kondisi yang dialami orang dewasa. Anak-anak cuma menunjukkan tanda-tanda. Dan ‘gejala’ itu sebenarnya bisa disembuhkan, seperti dilansir Businessinsider. Caranya adalah dengan memberikan kasih sayang dan lingkungan yang nyaman untuk anak-anak tersebut tumbuh.

Advertisement

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *