TV Dulu vs Sekarang, 7 Gambaran Betapa Berubahnya Kualitas Tontonan Indonesia Saat Ini

Diposting pada

Berita pagi dulu tayang sangat pagi dengan format yang sangat formal. Saat ini justru tayang lebih siang dengan berita yang lebih ringan

Dengan format yang lebih baik, namun pemberitaannya justru makin mirip talkshow via www.hipwee.com

Masyarakat nampaknya makin tidak berminat dengan berita aktual tentang kondisi politik dan ekonomi Indonesia. Hal ini diartikan oleh penyelenggara stasiun televisi sebagai pergeseran minat penonton. Saat ini, tayangan berita pun lebih banyak memberikan informasi soal gaya hidup.

Tayangan sketsa komedi layaknya extravaganza justru beralih ke sketsa yang penuh gimmick

Extravaganza dan Pesbukers via www.hipwee.com

Sketsa komedi Pesbukers berkali-kali mendapat teguran oleh KPI. Beberapa guyonan dianggap tidak senonoh dan tidak pantas ditayangkan di televisi. Selain itu masyarakat juga banyak mengeluhkan sandiwara gimmick yang ditampilkan para artisnya demi mengundang headline berita. Dengan begitu, semakin terkenal artis akan skandalnya, maka makin banyak yang penasaran dan menonton tayangan ini.

Selain hal-hal kontras di atas, masyarakat juga mengeluhkan minimnya durasi tayangan televisi untuk anak-anak. Tayangan khusus anak di hari Minggu justru sangat sebentar, dilanjutkan acara gosip, traveling, dan makan-makan. Secara umum tayangan iklan televisi juga diberi porsi makin banyak, sehingga tayangan yang durasinya satu jam seringkali hanya tayang setengah jam, karena sebagian durasi lainnya termakan oleh iklan. Kalau nonton acara-acara kekinian di televisi sekarang, jadi makin rindu aja sih sama kualitas tontonan dulu.

Cuma katanya tayangan televisi pun pada dasarnya hanya cerminan dari demand atau permintaan penonton. Jadi sebenarnya kualitas tontonan televisi memang sedang menurun atau selera masyarakat kita yang makin rendah?!

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *