Jangan Nekat ke Luar Angkasa Tanpa Baju Astronot Kalau Nggak Mau Alami 6+ Hal Mengerikan Ini

Diposting pada

5. Tanpa atmosfer layaknya di bumi, organ hati tak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga tekanan darah menjadi nol!

Tekanan darah jadi nol via jadiberita.com

Ruang angkasa akan menghilangkan tekanan darahmu meski tubuhmu mati-matian mempertahankan tekanan darah normal. Ini karena organ hatimu tak lagi bisa memompa darah melalui pembuluh darah. Akibatnya beberapa organ lain tak mendapat asupan seperti biasa dan membuatnya berhenti bekerja. Kalau ini terjadi nyawamu kemungkinan besar akan terancam.

6. Ruang angkasa gudangnya partikel-partikel berbahaya. Tanpa baju pelindung tubuhmu akan terpapar sinar gamma hingga x-ray

Tubuh bisa keracunan partikel-partikel jahat via jadiberita.com

Tak terhitung banyaknya material berbahaya yang terkandung dalam ruang angkasa. Partikel dan material sub atomik berbahaya seperti sinar gamma, proton berenergi tinggi, dan x-ray itu bisa ‘menyerang’ tubuhmu secara langsung. Pada akhirnya kamu bisa terserang kanker dan mati keracunan.

7. Menahan napas di luar angkasa tanpa baju astronot justru akan membuat paru-parumu pecah

Menahan napas malah berakibat fatal via www.istockphoto.com

Ada satu logika yang mungkin terpikirkan orang saat terjebak di luar angkasa tanpa baju pelindung: menarik nafas dalam-dalam dan menahannya. Sehingga tubuh punya cadangan oksigen. Padahal itu justru bisa berbahaya. Katup dan tabung pembentuk tenggorokan sama sekali nggak bisa menahan udara di ruang hampa. Akibatnya ledakan dekompresi di paru-paru bisa terjadi. Udara dalam paru-paru akan mengembang hingga keluar batas dan membuatnya pecah!

Itulah kenapa setiap astronot wajib memakai baju pelindung saat bekerja di ruang hampa. Ya karena tubuh manusia memang tidak didesain untuk hidup di luar angkasa sih..

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *