Langkah Terbaru Papa Setnov yang Harus Kamu Tahu, Kini Ia Mengajukan Diri Jadi Justice Collaborator

Diposting pada

Salah satu contoh pelaku yang sempat menjadi JC adalah Muhammad Nazarudin. Ia membeberkan semua pelaku yang terkait korupsi proyek pemerintah, termasuk proyek Hambalang dan e-KTP. Berdasarkan keterangannya, penyidik KPK mendapat petunjuk mengungkap e-KTP dan memenjarakan mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Waduh apakah ini tanda kalau drama yang kita kira udah hampir berakhir, justru akan mendapat episode tambahan?!

Namun pihak KPK mengaku tidak terlalu khawatir dengan langkah terbaru Setnov tersebut. Pasalnya, ada berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjadi JC

Advertisement

Semoga bisa bekerjasama dengan baik ya pah… via bisnisjakarta.co.id

Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi seorang tersangka untuk dapat dinilai sesuai sebagai menjadi Justice Collaborator. Terlebih lagi dengan adanya kompensasi keringanan hukuman, proses pertimbangan tersebut sepatutnya dilaksanakan dengan sangat ketat dan seadil-adilnya. JC-pun hanya berlaku untuk kasus-kasus yang memiliki tingkat organisasi tinggi seperti seperti tindak pidana korupsi, terorisme, penyalahgunaan narkotika, atau perdagangan orang. Dikutip dari Hukum Online, ini nih syarat-syaratnya sesuai Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2011:

  1. Mengakui kejahatan yang dilakukannya;
  2. Bukan pelaku utama dalam kejahatan tersebut;
  3. Memberikan keterangan saksi dalam proses peradilan.

Kalau dalam perkembangan kasusnya Setnov ternyata tidak sepenuhnya mengakui kejahatan atau bahkan dialah pelaku utama kejahatannya, maka pengajuan jadi Justice Collaborator otomatis akan gugur. Karena itulah, KPK sebenarnya tidak terlalu khawatir akan langkah Setya Novanto mengajukan diri menjadi JC. Hmmm… kalau Setnov berani mengajukan ini, jangan-jangan ada pelaku utama yang kelasnya lebih kakap lagi? We’ll see guys.

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *