Epidemi Kesepian Makin Banyak Makan Korban di Negara Ini, Terutama di Kalangan Lansia. Sedih Banget

Diposting pada

Kesepian memang bisa menyebabkan masalah serius baik fisik maupun mental. Efeknya nggak kalah buruknya dengan merokok 15 batang per hari dan minum minuman beralkohol berlebihan lho

Kesepian bahkan dikategorikan sebagai masalah kesehatan lho via health.akurat.co

Advertisement

Meskipun kedengarannya sepele, tapi kesepian bisa berujung ke masalah serius kalau nggak diatasi lho. Orang yang kesepian akan lebih mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya melemah. Jurnal Perspectives on Psychological Science seperti dilansir Natgeo memaparkan risiko kematian yang menjangkit orang yang hidup sendiri bisa mencapai 30%! Kalau dilihat, angka tersebut nggak beda jauh sama angka risiko kematian yang dimiliki orang obesitas dan perokok 15 batang per hari di tambah minum alkohol berlebihan! Gila, ‘kan?

Teknologi yang katanya “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” rupanya benar adanya. Sekalipun tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat, tapi ia justru bisa memicu epidemi kesepian

Teknologi tanpa sadar juga memicu kesepian via savorv.com

Kayak yang udah disebut di atas, sudah kodrat manusia untuk jadi makhluk sosial. Kebanyakan manusia modern sekarang sudah cukup puas dengan hanya berkomunikasi melalui gadget. Padahal tanpa disadari justru dari situlah rasa kesepian bisa muncul. Sekalipun tetap telepon, chat, atau video call mereka tetap nggak merasakan berbagai manfaat kalau manusia bersosialisasi secara langsung. Teknologi tak ubahnya cuma menyajikan kemudahan berkomunikasi tanpa bisa benar-benar menawarkan perasaan yang diperoleh ketika manusia berinteraksi langsung.

Ya kalau mau nggak terjangkit epidemi kesepian sih sebaiknya kurangi penggunaan gadget dan perbanyak bertatap muka dengan orang lain ya. Sesederhana kalau kamu lagi di angkutan umum. Alih-alih sibuk dengan ponsel, ada baiknya kamu mengajak orang sebelahmu berbincang-bincang. Bertukar pikiran, wawasan, atau pengalaman akan membantumu merasa nggak hidup sendiri di dunia ini.

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *