Pengen Mancung Malah Kena Apes. Sisi Gelap Operasi Plastik Thailand yang Bikin Bergidik

Diposting pada

Advertisement

Inilah yang akhirnya membawa seorang wanita Inggris Joy Williams sengaja berkunjung ke Thailand dan melakukan serangkaian operasi. Untung tak dapat diraih, Joy justru mengalami infeksi setelah menjalani prosedur operasi, tak lama setelah itu nyawanya tak bisa tertolong. Dokter yang menangani Joy akhirnya harus mempertanggungjawabkan hal ini di mata hukum, klinik tempatnya praktik pun ditutup.

Pastinya klinik kecantikan di Thailand pun beda-beda standar dan kualitasnya, tidak bisa disamaratakan. Tapi kejadian yang terus berulang ini bisa jadi ‘lampu merah’ peringatan

Kegagalan lain ketika memutuskan operasi hidung via www.bbc.com

Meski kasus operasi plastik di Thailand tak seluruhnya gagal, pasien yang memutuskan untuk merubah diri di klinik kecantikan Thailand punya satu tugas berat. Setelah mengikuti prosedur dan cermat memilah tenaga professional untuk menanganinya, ia harus terus mnegawasi hasilnya. Kesalahan praktik klinik kecantikan punya akibat yang lebih fatal selain rusaknya penampilan, yaitu kematian. Memang benar jalur hukum bisa diambil untuk memberikan sanksi pada tenaga medis yang sudah ceroboh, tapi jalur hukum tidak bisa memperbaiki akibat fatal pada perubahan penampilan pasien dan mengembalikan mereka yang akhirnya kehilangan nyawa.

Memahami kasus ini memang membuat kita merenung, barangkali bersyukur dengan keadaan kita saat ini adalah yang terbaik. Apa yang dialami wanita Hat Yai bisa dijadikan sebuah pelajaran berharga untuk selalu berhati-hati mengambil langkah medis. Tidak bisa hanya bermodalkan ingin cantik lalu tergesa-gesa dan mempertaruhkan resikonya.

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *