Oh, Jadi Ini Alasan Kenapa Banyak Motor Pakai Pelat Nomor Thailand

Diposting pada

Sebenarnya fenomena ‘Thai Look’ ini sudah lama cukup populer di kalangan anak motor yang suka modifikasi

Modifikasi Thai Look via www.jantungbengkak.web.id

Modifikasi memang banyak diminati pengendara motor di Indonesia, mulai dari anak muda sampai orang dewasa. Dengan modifikasi, mereka bisa menciptakan sendiri kendaraan sesuai harapan mereka. Saking banyaknya yang hobi utak-atik, kegiatan modifikasi itu sampai sering dikompetisikan lho.

Nah, kalau kamu termasuk yang suka mengubah motor dengan gaya nyentrik anti mainstream, artinya kamu mengadopsi gaya ala Thailand yang sering disebut ‘Thai Look’ atau ‘Thai Mod’ (Thailand Modification). Thai Look ini identik dengan tampilan colorful di hampir seluruh bagiannya. Biasanya pemiliknya juga memberi sentuhan lebih, salah satunya dengan menambahkan cutting sticker dan pelat nomor bertuliskan huruf Thailand. Saking dianggap mampu menambah nilai aestetik, pelat ini banyak diperjualbelikan di situs jual beli online lho!

Modifikasi sih boleh-boleh saja asal masih dalam batas wajar. Tapi jangan sampai buat polisi bingung, ini di Indonesia apa Thailand

Pelat itu semacam identitas kendaraan. Ya nggak bisa dong motor di Indonesia pakai identitas Thailand via www.boombastis.com

Modifikasi memang jadi hal pemilik kendaraan. Tapi yang perlu diperhatikan, ada sejumlah aturan yang tetap harus dipatuhi. Salah satunya adalah pemakaian TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), seperti yang sudah diatur dalam Pasal 68 UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Intinya ada standar yang ditetapkan untuk pemakaian pelat kendaraan. Kalau nyeleneh, ya ditilang.

Bukannya mau membatasi kreatifitas, penerapan standar tersebut agar pihak satlantas mudah mengenali setiap kendaraan yang beroperasi di jalan raya. Karena pelat nomor dipakai sebagai tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Di pelat tercantum kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku lho. Jangan sampai mencopot pelat asli dengan alasan penampilan ya!

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *