4 Bulan Nggak Ditransfer Jokowi, Ini Cara Hemat dan Biaya Hidup Kaesang di Singapura

Diposting pada

4 Bulan Nggak Ditransfer Jokowi, Ini Cara Hemat dan Biaya Hidup Kaesang di Singapura

Kaesang ngirit

Saat mendengar frasa Anak Presiden apa yang langsung terbayang di kepalamu? Apakah gaya hidup jetset yang bikin kita-kita ini terlihat jadi macam rempahan rempeyek? Atau ke mana-mana diikuti bodyguard sampai nggak lagi nyaman?

Kaesang Pangarep mungkin salah satu anak presiden dengan status outlier. Berbeda dengan anak-anak Presiden sebelumnya gaya hidup Kaesang chill dan terlihat sederhana. Dalam vlog Kaesang dengan Kokoh Kevin Hendrawan, Kaesang yang sedang kuliah di Singapura mengungkapkan fakta kalau sudah 4 bulan dia tidak dikirim uang oleh Pak Jokowi. Sebenarnya berapa ya biaya hidup Kaesang di Singapura dan bagaimana cara dia bertahan walau tanpa kiriman?

1. Buat yang mau ngirit banget ini cara hidup hemat di Singapura ala Kaesang

Bisa irit. Tapi sedih via www.youtube.com

Kaesang bilang dia bisa hidup hanya dengan 50 dolar Singapura atau sekitar 500 ribu rupiah. Beli mie instan 2 dolar udah dapet 5. Satu mie dibagi 3. Jadi dengan 2 dolar kamu bisa makan selama 5 hari. Katanya sih Kaesang pernah menjalani hidup ngirit banget macam ini waktu awal-awal di Singapura karena Pak Jokowi lupa ngirim uang.

2. Ini perkiraan  jumlah pengeluaran bulanan Kaesang

Makan itu 10-13 SDG per hari via www.youtube.com

Advertisement

Dari hasil ngobrol dengan Kevin, terbongkarlah perkiraan jumlah pengeluaran bulanan Kaesang di Singapura:

  • Makan 10-13 SDG per hari
  • Transport 5 SGD per hari
  • Jajan 5 SGD per hari
  • Kost ber AC 1000 SGD per bulan
  • Uang kuliah di kampus negeri dengan subsidi 1000 SGD per bulan

Kalau ditotal perkiraan jumlah pengeluaran Kaesang per bulan itu 2.690 SGD atau sekitar 26 juta rupiah. Hmmm cukup banyak untuk ukuran Indonesia. Tapi masih wajar sih jika dibandingkan dengan biaya hidup di Singapura yang memang salah satu negara termahal di dunia.

3. Selalu tidur lagi habis sholat subuh jadi trik hemat Kaesang

Pokoknya jangan sombong! via www.youtube.com

Bukan karena malas atau nggak punya kerjaan. Kaesang memilih tidur lagi habis subuh karena alasan menghemat makan. Dengan bangun lebih siang Kaesang nggak harus mikirin makan pagi. Makannya bisa dirapel sekaligus saat makan siang nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *