8 Kebiasaan Buruk Orang Tua yang Nggak Disadari Mengurangi Kreativitas Anak. Calon Orang Tua Harus Tahu

Diposting pada

5. Nggak pamit dengan anak di waktu mau berangkat kerja. Mereka ‘kan perlu tahu orang tua melakukan apa

ajari untuk pamit sebelum pergi via www.shutterstock.com

Anak cenderung merasa terabaikan ketika orang tuanya pergi tanpa memberitahukan akan ke mana. Misal nih, kamu sebagai orang tua secara rutin pergi ke kantor pagi sampai sore, tapi kamu nggak pamit dulu ke anak. Kemungkinan si anak akan merasa diabaikan dan tidak dipedulikan. Berbeda ketika orang tua pamitan dulu ke anak bahwa dia akan bekerja. Anak akan merasa terlibat dalam urusan orang tua dan lebih paham sedini mungkin.

6. Membiarkan anak melihat pertengkaran kamu dengan pasangan. Ssst, disimpen dulu deh berantemnya

Bertengkar dengan pasangan via hellodoktor.com

Beneran deh, melihat pertengkaran ibu-bapak di depan anak sendiri adalah mimpi buruk bagi mereka. Ayolah, anak itu berhak tinggal di tempat yang proper dan hangat dari keluarganya. Baik ibu dan bapaknya. Mempertontonkan pertengkaran kamu dengan pasangan di depan anak sama saja menghancurkan impiannya memiliki anak dengan kondisi kekeluargaan yang baik. Sebaiknya disimpan dulu deh.

7. Tidak memberi tanggung-jawab kecil pada anak. Melatih kedisiplinan sedari dini itu penting

Ajari tanggung jawab via m.sohu.com

Memberikan tanggung-jawab kecil pada anak sedari dini itu tidak kalah pentingnya dengan memastikan anak istirahat dengan cukup. Tak perlu tanggung jawab besar seperti berani menjaga rumah sendirian atau dipasrahi memasak. Cukup dengan menanamkan sikap kebersihan dengan barang mainan milik pribadi juga bisa dilakukan. Ajari anak untuk memperhatikan kebersihan kamar dan mencuci tangan sebelum makan merupakan hal baik untuk dilakukan.

8. Mengabaikan gizi anak. Jangan sampai deh mereka makan dan minum sekenanya asalkan kenyang

Perhatikan gizi anak via sabai.tv

Soal gizi dan pertumbuhan anak jangan sampai dilewatkan. Usia sekolah dasar adalah fase di mana proses belajar dan pertumbuhan fisik anak sedang pesat-pesatnya. Sayang banget kalau gizi mereka hanya dibatasi dari makanan sekenanya, atau asal mereka kenyang. Kamu sebagai orang tua pantas memberikan yang terbaik untuk dia. Contohnya adalah rutin memberikan Dancow FortiGro setiap hari yang bisa membantu anak mendapatkan nutrisi yang tepat untuk anak usia sekolah. Dancow FortiGro punya nutrisi lengkap yang seimbang dan cocok banget untuk anak-anak yang aktif dan kreatif seperti yang semua orang tua inginkan.

Nah, demikianlah beberapa kebiasaan buruk orang tua yang secara nggak disadari dapat memangkas kecerdasan si kecil. Ingat, salah belajar bisa diulangi lagi kapan saja. Namun salah didik nggak bakal bisa terulang karena hanya ada satu kesempatan. Selamat menjadi orang tua yang cerdas!

Sumber: Hipwee